Tips Traveling Naik Gunung yang Aman Untuk Pemula

Tips Traveling Naik Gunung yang Aman Untuk Pemula

Traveling naik gunung sangat cocok untuk anda yang suka melakukan kegiatan pemacu adrenalin. Tak hanya memacu adrenalin, traveling mendaki gunung juga memungkinkan untuk bisa menikmati panorama alam yang memanjakan mata. Namun sebelum anda mendaki gunung, alangkah baiknya jika anda menyimak deretan tips traveling naik gunung agar lancar, aman dan menyenangkan.

Tips Traveling Naik Gunung

Pada kesempatan kali ini, kami akan bagikan beberapa tips traveling mendaki gunung selengkapnya untuk anda. Pastikan anda menyimaknya sampai selesai demi keamanan dan kenyamanan selama traveling ke gunung.

Kenali Medan Jalan

Sebelum anda traveling ke gunung, pastikan anda mengenali bagaimana medan jalannya. Hal ini dikarenakan setiap gunung memiliki jalur pendakian yang berbeda. Untuk mengetahui lokasi sekaligus bagaimana medan jalannya, anda bisa cek di berbagai situs terpercaya. Memahami medan jalan memang sangat penting dilakukan karena memudahkan anda dalam menyiapkan logistik dan stamina nantinya.

Rutin Berolahraga

Saat anda mengagendakan untuk traveling ke gunung, anda harus rutin berolahraga sejak jauh-jauh hari. Hal ini dikarenakan mendaki gunung membutuhkan stamina yang baik. Tanpa adanya persiapan fisik, tenaga anda akan terkuras sehingga tak bisa melanjutkan traveling. Lebih parah lagi apabila anda harus dirawat di rumah sakit. Adapun jenis olahraga yang bisa anda lakukan ialah olahraga ringan saja, seperti jalan kaki, lari pagi, dan lain sebagainya. Latihan fisik secara rutin memang penting untuk dilakukan agar traveling berjalan lancar.

Persiapan Peralatan

Tips traveling naik gunung yang tak boleh anda lewatkan ialah menyiapkan peralatannya. Adapun peralatan yang harus anda bawa diantaranya yaitu tas carrier, jaket, sepatu hiking, jas hujan, pisau lipat, alat masak portabel, peluit, senter, kompas, P3K, matras, tenda, sleeping bag dan lain sebagainya. Pastikan juga anda mengenakan pakaian yang nyaman dan tidak ketat agar tidak merasa sesak nafas. Dalam hal berpakaian, anda sangat disarankan untuk mengenakan pakaian lengan panjang karena bisa melindungi secara optimal.

Persiapan Perbekalan

Selain peralatan, pastikan juga anda membawa perbekalan secara cukup. Adapun pilihan perbekalan yang wajib anda bawa yaitu makanan yang mengandung asupan nutrisi yang baik dan cukup. Pastikan juga makanan yang anda bawa mudah dicerna. Dengan begitu, proses pengembalian energi bisa berlangsung secara cepat. Tak hanya bekal makanan, anda juga tak boleh melewatkan air mineral. Jagalah asupan air di dalam tubuh supaya tidak mengalami dehidrasi. Meski membawa peralatan memasak sederhana, tentunya anda tak memungkinkan untuk mengeluarkannya di tengah perjalanan. Pasalnya, cara tersebut bisa menghambat traveling.

Daftar di Tempat Perizinan

Sebelum anda melakukan traveling ke gunung, pastikan anda mendatangi tempat perizinan. Seperti yang diketahui, beberapa gunung menyediakan tempat perizinan yang mewajibkan anda untuk mengisi data diri, lama perjalanan dan info penting lainnya yang dibutuhkan petugas. Dengan anda mendaftar terlebih dahulu, petugas bisa membantu anda apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Bahkan jika anda tidak turun gunung pada waktu yang sudah ditulis, maka petugas akan mencari anda.

Jaga Etika

Tips traveling naik gunung selanjutnya ialah senantiasa menjaga etika, baik itu cara bertutur kata maupun tingkah laku. Pastikan anda berbicara sopan dan bertindak tidak berlebihan. Jangan sampai juga anda membuang sampah sembarangan. Anda harus tetap menjaga kebersihan dan keasrian alam dengan menyimpan sampah di dalam tas untuk nantinya dibuang di tempat yang sudah disediakan. Dengan begitu, alam akan senantiasa terjaga keindahannya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *